Teknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2022
![]() |
Sumber Gambar : Kemenag |
Petunjuk Teknis Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022. Program Beasiswa Santri Berprestasi yang selanjutnya disingkat PBSB adalah program bantuan beasiswa pendidikan bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang unggul, kompetitif serta memiliki potensi akademik yang baik untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan tinggi.
Berdasarkan Petunjuk Teknis Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, berikut ini Persyaratan Umum Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, yakni:
1. Santri Warga Negara Indonesia.
2. Santri yang berasal dari Pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang terdaftar pada Kementerian Agama.
3. Santri yang berasal dari Satuan Pendidikan (MAS/PDF/SPM/PKPPS/Ma’had Aly) yang diselenggarakan oleh Pesantren dan/atau (MAN/SMA/SMK) yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.
4. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir).
5. Memiliki akhlaq terpuji dan layak mengikuti seleksi PBSB yang direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.
6. Memiliki kemampuan berbahasa Arab.
7. Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.
8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin.
9. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai nasionalisme, patriotisme serta integritas.
10. Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai raport 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.
11. Pilihan Program Sarjana (S1):
a. Santri tingkat akhir atau santri lulusan tahun 2020, 2021 dan 2022 pada Satuan Pendidikan Muadalah (SPM), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), Madrasah Aliyah Swasta (MAS), Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.
b. Berusia maksimal (per 1 Juli 2022):
1) 20 (dua puluh) tahun untuk santri tingkat akhir pada MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pondok Pesantren (lahir pada tanggal 1 Juli 2002, 2 Juli 2002, dan seterusnya);
2) 23 (dua puluh tiga) tahun untuk santri lulusan SPM/PDF/PKPPS (lahir pada tanggal 1 Juli 1998, 2 Juli 1998, dan seterusnya).
12. Pilihan Program Magister (S2):
a. Santri Sarjana yang berasal dari SPM/PDF/PKPPS dan MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pondok Pesantren.
b. Berusia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun per-tanggal 1 Juli 2022.
Ketentuan dan Persyaratan Tambahan:
1. Pilihan Program Studi pada Universitas Indonesia, Depok:
a. Santri yang dinyatakan lulus seleksi PBSB tahap 2 (Wawancara/Tes Lisan), harus mengikuti Seleksi Tahap 3 (Tes Seleksi Masuk UI / SIMAK UI).
b. Santri yang dinyatakan lulus seleksi PBSB tahap 2 mendaftarkan dirinya secara mandiri di aplikasi SIMAK UI pada laman: https://penerimaan.ui.ac.id/.
c. Santri yang mendaftar SIMAK UI membayar biaya pendaftaran secara mandiri (PBSB tidak membiayai pendaftaran SIMAK UI).
d. Pengumuman kelulusan seleksi SIMAK UI akan diinformasikan secara resmi oleh Kementerian Agama.
2. Pilihan Program Magister Informatika pada UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta:
a. Lulusan S1 atau Sarjana Terapan (D-IV) dengan latar belakang keilmuan semua jurusan, dibuktikan dengan (minimal) Surat Keterangan Lulus. Lulusan perguruan tinggi luar negeri harus menyertakan salinan/fotokopi surat keterangan penyetaraan ijazah dari Kemenristekdikti/Kementerian Agama yang dilegalisir;
b. IPK minimal 3.00 (dengan melampirkan transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang dilegalisir);
c. Lulus dari Prodi yang terakreditasi;
d. Lulus dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam PD-Dikti;
e. Memiliki proposal rencana penelitian untuk tesis;
f. Surat Rekomendasi dari pimpinan Pesantren asal santri sarjana;
g. Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;
h. Pernyataan Kesiapan Tinggal di Pesantren sekitar Perguruan Tinggi Mitra saat menempuh studi;
i. Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada).
3. Pilihan Program Magister Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Industri dan Bisnis Halal pada UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta:
a. Lulusan S1 dan sederajat dengan latar belakang keilmuan semua jurusan, dibuktikan dengan (minimal) Surat Keterangan Lulus. Lulusan perguruan tinggi luar negeri harus menyertakan salinan/fotokopi surat keterangan penyetaraan ijazah dari Kemenristekdikti/Kementerian Agama yang dilegalisir;
b. Memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Arab atau bahasa Inggris yang masih berlaku dengan skor sekurang-kurangnya TOAFL 500, TOEFL ITP 450, TOEFL iBT 45, IELTS 5, atau TOEIC 500;
c. IPK minimal 3.00 (dengan melampirkan transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang dilegalisir);
d. Lulus dari Prodi yang terakreditasi;
e. Lulus dari perguruan tinggi yang terdaftar dalam PD-Dikti;
f. Memiliki proposal rencana penelitian untuk tesis;
g. Surat Rekomendasi dari pimpinan Pesantren asal santri sarjana;
h. Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;
i. Pernyataan Kesiapan Tinggal di Pesantren sekitar Perguruan Tinggi Mitra saat menempuh studi;
j. Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada).
Persyaratan Dokumen
1. Pilihan Program Sarjana (S1):
a. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;
b. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
c. Jika santri belum memiliki KTP maka bisa digantikan dengan Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;
d. Scan Kartu Keluarga;
e. Scan Asli Surat Keterangan Mukim yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
f. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
g. Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;
h. Scan Asli Salinan Ijazah Yang Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus MAS/MAN/SPM/PDF/PKPPS/SMA/SMK bagi lulusan tahun 2020 dan 2021;
i. Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen yang bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);
j. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada).
2. Pilihan Program Magister (S2):
a. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;
b. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk;
c. Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;
d. Scan Kartu Keluarga;
e. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri sarjana yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
f. Scan Asli Salinan Ijazah S1 dan sederajat yang telah dilegalisir;
g. Scan Asli Salinan Transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang telah dilegalisir;
h. Proposal rencana penelitian untuk tesis;
i. Scan Asli Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;
j. Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada);
k. Scan Asli Sertifikat resmi bukti penguasaan bahasa Arab atau bahasa Inggris yang masih berlaku dengan skor sekurang-kurangnya TOAFL 500, TOEFL ITP 450, TOEFL iBT 45, IELTS 5, atau TOEIC 500 (untuk pilihan Program Magister Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Industri dan Bisnis Halal pada UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta);
l. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada).
Tata cara Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 sesuai Petunjuk Teknis Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, adlah sebagai berikut.
1. Terlebih dahulu, Pesantren dan santri memahami Program Studi, Perguruan Tinggi Mitra serta Domisili Kampus yang diminati dan yang akan dipilih.
2. Terlebih dahulu, Pesantren dan santri mengikuti petunjuk pendaftaran yang disediakan pada aplikasi pendaftaran PBSB online.
3. Terlebih dahulu, Pesantren dan santri memahami konsekuensi dan sanksi jika di kemudian hari santri mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi.
4. Pendaftaran PBSB dilakukan secara online melalui aplikasi pada laman: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/
5. Terlebih dahulu Pesantren mendaftar pada link pendaftaran online PBSB, dengan memastikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang dicantumkan terdaftar pada Kementerian Agama.
6. Pesantren mendaftarkan santri yang akan mengikuti seleksi PBSB.
7. Santri yang telah didaftarkan akan memiliki AKUN SANTRI.
8. Santri melengkapi form isian dan dokumen sesuai ketentuan di dalam aplikasi pendaftaran PBSB online.
9. Santri harus mengetahui dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan dalam proses pengisian data dan dokumen yang diisi dan diunggah/diupload melalui AKUN SANTRI dengan format Portable Document Format (PDF), meliputi:
a. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;
b. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
c. Jika santri belum memiliki KTP maka bisa digantikan dengan Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;
d. Scan Kartu Keluarga;
e. Scan Asli Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
f. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);
g. Scan Asli Nilai Raport 1 (satu) tahun terakhir;
h. Scan Asli Salinan Ijazah Yang Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus MAS/MAN/SPM/PDF/PKPPS/SMA/SMK bagi lulusan tahun 2020 dan 2021;
i. Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen yang bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);
j. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada).
k. Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;
10. Kanwil Kementerian Agama Provinsi memverifikasi dan memvalidasi data dan dokumen santri.
11. Kanwil Kementerian Agama Provinsi menolak pendaftaran jika terdapat ketidak sesuaian data dan dokumen santri.
12. Kanwil Kementerian Agama Provinsi menerima pendaftaran berdasarkan kesesuaian data dan dokumen santri dan memberikan Rekomendasi.
13. Santri yang telah melengkapi data dan dokumen pendaftaran dapat mencetak bukti pendaftaran PBSB online (Formulir Registrasi) pada AKUN SANTRI.
14. Santri yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mendapat notifikasi “SELAMAT…” di AKUN SANTRI pada aplikasi pendaftaran PBSB online.
15. Santri yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi dapat mengunduh Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 1 dan membuat Surat Pernyataan Komitmen yang tersedia di AKUN SANTRI pada aplikasi pendaftaran PBSB online.
16. Surat Pernyataan Komitmen harus bermaterai Rp.10.000,- dan ditandatangani oleh santri bersangkutan, discan rapih, dapat terbaca dengan jelas, tidak terpotong, serta diunggah/diupload melalui AKUN SANTRI dengan format Portable Document Format (PDF).
17. Santri yang dinyatakan lolos Seleksi Tahap 1 dapat mengunduh Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 2 yang tersedia di AKUN SANTRI pada aplikasi pendaftaran PBSB online.
Tahapan Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022
1. Seleksi Administrasi : Verifikasi dan Validasi Dokumen Pendaftaran.
2. Seleksi Tahap 1 : Tes Berbasis Elektronik.
3. Seleksi Tahap 2 : Tes Wawancara/Lisan Online (Daring).
4. Seleksi Tahap 3 : Tes SIMAK UI (Khusus santri pendaftar pada pilihan Universitas Indonesia).
Materi Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022
1. Materi Tes Seleksi Tahap 1 – Tes Berbasis Elektronik meliputi:
a. Materi Potensi Akademik dan Substansi: 1) Matematika; 2) Ilmu Pengetahuan Alam; 3) Biologi; 4) Fisika; 5) Sosial Humaniora; 6) Sains dan Teknologi; 7) Ilmu Komputer; 8) Teknik Informatika; 9) Industri dan Bisnis Halal.
b. Materi Bahasa: 1) Bahasa Indonesia; 2) Bahasa Arab; 3) Bahasa Inggris.
c. Materi Kepesantrenan, Keagamaan, dan Kebangsaan: 1) Substansi ilmu dan wawasan kepesantrenan; 2) Substansi ilmu dan wawasan khazanah keagamaan; 3) Substansi ilmu dan wawasan kebangsaan.
2. Materi Tes Seleksi Tahap 2 – Tes Wawancara/Lisan Online (Daring) meliputi:
a. Tes Qiraat wa Fahmul Kutub at-Turats (Tes Membaca dan Memahami Kitab Kuning) bagi seluruh peserta tes dengan materi uji yang dikuasai santri, meliputi kitab; Tafsir Jalalain, Bulughul Maram, atau Fathul Qarib;
b. Tes Wawasan Kebangsaan bagi seluruh peserta tes;
c. Tes Tahfizh Al-Qur’an untuk Program Studi dan Perguruan Tinggi Mitra tertentu sesuai hafalan yang dikuasai santri serta jumlah juz (dapat dilihat pada Daftar Persyaratan Penguasaan Hafalan Al-Quran dan Nazhom Alfiyah Ibnu Malik pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB).
d. Tes Bait Nazhom Alfiyah Ibnu Malik untuk Program Studi dan Perguruan Tinggi Mitra tertentu (dapat dilihat pada Daftar Persyaratan Penguasaan Hafalan Al-Quran dan Nazhom Alfiyah Ibnu Malik pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB);
e. Tes Wawasan dan Peminatan Akademik untuk Program Studi dan Perguruan Tinggi Mitra tertentu (dapat dilihat pada Bagan Tahap dan Materi Seleksi PBSB
Post a Comment for "Teknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2022"