Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Kuliner Khas Makanan seluruh kota di Indonesia



Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman budaya dan kuliner yang sangat kaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang unik dan berbeda-beda. Berikut adalah artikel yang mengulas tentang makanan khas dari seluruh kota di Indonesia.


Aceh - Mie Aceh

Mie Aceh adalah salah satu makanan khas dari Aceh yang terbuat dari mie kuning dengan kuah kari yang pedas. Biasanya, mie ini disajikan dengan daging sapi atau kambing, telur, dan kerupuk.


Medan - Soto Medan

Soto Medan adalah soto khas dari Medan yang terbuat dari kaldu ayam yang gurih dan bumbu rempah yang khas. Biasanya, soto ini disajikan dengan daging ayam atau daging sapi, telur, kentang, dan taoge.


Padang - Rendang

Rendang adalah makanan khas dari Padang yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya dan kental. Rendang memiliki rasa yang kaya dan pedas.


Pekanbaru - Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin adalah salah satu makanan khas dari Pekanbaru yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas. Gulai ini biasanya disajikan dengan nasi dan sayur nangka.


Palembang - Pempek

Pempek adalah makanan khas dari Palembang yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan ikan tenggiri dan bumbu rempah. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka, telur, dan sayur timun.


Jakarta - Soto Betawi

Soto Betawi adalah soto khas dari Jakarta yang terbuat dari kaldu sapi yang kaya rasa dan bumbu rempah yang khas. Biasanya, soto ini disajikan dengan daging sapi, telur, kentang, dan taoge.


Bandung - Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah makanan khas dari Bandung yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil dan dimasak dengan bumbu rempah khas Bandung. Sate ini biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan.


Semarang - Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah makanan khas dari Semarang yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan rebung, tauge, ayam, dan telur. Lumpia ini biasanya disajikan dengan saus cabai atau saus kecap.


Yogyakarta - Gudeg

Gudeg adalah makanan khas dari Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal goreng krecek.


Surabaya - Rawon

Rawon adalah makanan khas dari Surabaya yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah dan kuah kental yang hitam. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, telur asin, dan sambal

Malang - Bakso Malang

Bakso Malang adalah makanan khas dari Malang yang terbuat dari bola daging yang kenyal dan gurih yang disajikan dengan mie kuning, tauge, dan irisan bakso. Bakso Malang biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rasa.


Bali - Babi Guling

Babi Guling adalah makanan khas dari Bali yang terbuat dari babi yang dipanggang dengan bumbu rempah khas Bali. Babi Guling biasanya disajikan dengan nasi, lawar, dan sambal.


Lombok - Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah makanan khas dari Lombok yang terbuat dari ayam yang dibakar dan disajikan dengan bumbu khas Lombok yang pedas dan gurih. Ayam Taliwang biasanya disajikan dengan nasi dan plecing kangkung.


Makassar - Coto Makassar

Coto Makassar adalah makanan khas dari Makassar yang terbuat dari jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang kaya. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat dan bawang goreng.


Manado - Tinutuan

Tinutuan adalah makanan khas dari Manado yang terbuat dari bubur yang dicampur dengan sayuran dan ikan asin. Tinutuan biasanya disajikan dengan sambal dabu-dabu.


Ambon - Nasi Kuning

Nasi Kuning adalah makanan khas dari Ambon yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan bumbu kunyit. Nasi Kuning biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam, telur, dan sambal.


Papua - Papeda

Papeda adalah makanan khas dari Papua yang terbuat dari sagu yang dicampur dengan air dan diaduk hingga mengental. Papeda biasanya disajikan dengan kuah ikan atau daging serta sayur-sayuran.


Bengkulu - Masak Besengek

Masak Besengek adalah makanan khas dari Bengkulu yang terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Masak Besengek biasanya disajikan dengan nasi dan sambal terasi.


Banjarmasin - Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas dari Banjarmasin yang terbuat dari kaldu sapi yang gurih dan bumbu rempah yang khas. Biasanya, soto ini disajikan dengan daging sapi, telur, kentang, dan taoge.


Pontianak - Sate Kalimantan

Sate Kalimantan adalah makanan khas dari Pontianak yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil dan dimasak dengan bumbu rempah khas Kalimantan. Sate ini biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan.


Itulah 20 makanan khas dari seluruh kota di Indonesia yang bisa dicicipi ketika berkunjung ke daerah tersebut. Makanan khas tersebut merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan diapresiasi.

Post a Comment for "20 Kuliner Khas Makanan seluruh kota di Indonesia "